Selasa, 09 Juli 2013

Catatan Ramadhan :Hari pertama,Yuk Makmurkan Mesjid

Sudah banyak perubahan yang signifikan dari mesjid tempat melaksanakan sholat tarawih di kota kelahiranku,makassar. Mulai dari bangunan yang sedang mengalami renovasi sampai beberapa jamaah yang ada di mesjid.
Tapi ada satu hal yang belum berubah,saya sangat kagum pada sesosok kakek tua yang masih setia menempatkan tubuhnya di shaf paling depan tepatnya di bagian sisi kiri mesjid. Kalau aku taksir usianya mungkin sekitar 80-an tahun. Subhanallah,aku cukup malu kalau melihat semangat beliau yang masih tetap semangat menjejakkan kakinya di mesjid.
Walaupun kini beliau sudah tidak mampu mendirikan sholat secara sempurna seperti layaknya diriku. Kini kakek itu hanya mampu sholat dalam posisi duduk. Hampir di setiap waktu sholat beliau selalu hadir dan mengambil posisi dj sisi kiri shaf terdepan. Subhanallah. Fisiknya memang telah menua tetapi semangat selalu muda untuk menenuaikan sholat berjamaah.  Dalam hatiku,berkata betapa malunya diri ini yang masih muda tapi masih sangat jarang ke mesjid untuk sholat berjamaah. Aku pun berdoa semoga di ramdhan 1434 H membawa perubahan buat diriku pribadi,keluargaku,dan segenap masyarakat negeri tercintaku Indonesia untuk selalu memakmurkan mesjid seperti yang di lakukan kakek tua itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar